Cara Membuat Mahkota Bunga

10.47.00

Mahkota bunga dapat dipakai dimana saja, terutama ketika ada pesta kebun maupun ketika Anda menjadi bridesmaid atau pagar ayu di pesta pernikahan kerabat. Tentunya rangkaian bunga di kepala ini akan mempercantik penampilan anda semua seperti putri raja.
Cara membuatnya juga ternyata tidak sulit, Anda hanya membutuhkan sejumlah kuntum bunga segar, dedaunan, kawat serta pita dan lem. Bunga bisa disesuaikan dengan keinginan, mulai dari bunga mawar, gerbera, krisan, dan sebagainya.
Berikut ini cara mernagkai mahkota bunga.

1. Ukur Lingkar Kepala
Pastinya ukuran kepala setiap orang berbeda. Untuk mendapatkan ukuran yang pas, pakai pita ukur yang mengelilingi kepala 2 cm di atas alis. Jika mahkota bunga rencananya akan digunakan untuk upacara pernikahan, dimana Anda akan ke salon terlebih dahulu untuk melakukan hair-do, tambahkan ukuran kepala sampai 4 cm, supaya nantinya mahkota bunga tidak terlalu kecil untuk kepala Anda. Karena memang dengan adanya sanggul yang tinggi, atau rambut model kepang, mahkota bunga tersebut harus ditambahkan sedikit ukuran lingkar kepala Anda.

2. Ukur dan Potong Kawat Sesuai Ukuran Kepala
Kawat untuk menciptakan mahkota bunga bisa dibeli di toko bangunan, pilihlah kawat yang tidak terlalu berat dan masih bagus, serta tidak berkarat. Ukur kawat dan tambahkan sekitar 10 cm dari ukuran kepala, untuk menggabungkan kedua sisi. Potonglah kawat menggunakan pemotong khusus kawat, karena jika Anda mencoba memotong kawat menggunakan gunting biasa akan memerlukan waktu yang cukup lama. Kaitkan kedua ujung kawat dengan cara memilinnya berputar. Atur sampai lingkaran yang terbentuk cocok dengan ukuran lingkar kepala.

3. Tutup Kawat Dengan Pita Atau Selotip Bunga
Agar tampak lebih alami, bila kawat yang Anda pakai tidak berwarna hijau, usahakan melapisinya dengan memakai pita hijau atau selotip bunga. Hasilnya, selain lebih kuat, kawat juga menjadi terlihat lebih natural dan sama dengan batang bunga.

4. Potong Bunga
Saatnya mulai menyentuh bunga segar yang telah Anda dapatkan. Apapun jenis bunganya, usahakan warnanya sesuai dengan dress yang akan Anda gunakan, dan usahakan ukuran bunga bervariasi supaya tidak terlalu monoton.
Potong batang bunga sampai menyisakan ukuran 3-5 cm batang di bawah kelopak. Usahakan ukuran batang yang dipotong sama, dan tidak terlalu pendek, karena dapat menyulitkan proses selanjutnya.

5. Kreasikan Rangkaian Bunga Anda
Bunga bisa ditempelkan menggunakan selotip bunga ke kawat. Rangkailah sesuka hati Anda, tapi perhatikan keseimbangan desainnya. Ada baiknya untuk menempatkan bunga yang ukurannya sangat besar di depan baik di samping atau di tengah.
Bunga tidak selalu diletakkan berderet dan rapi, bahkan kadang akan terlihat kaku bila terlalu rapi. Atur sampai bunga terlihat natural mengelilingi kawat mahkota. Tambahkan pula dedaunan yang kira-kira bisa mempercantik mahkota. Setelah selesai dirangkai, mahkota bunga siap digunakan.

Itulah tadi cara membuat rangkaian mahkota bunga untuk kepala. Mudah bukan? Selain dapat menambah kreativitas, Anda pasti bangga memamerkannya untuk teman dan kerabat. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar