Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Alami

09.29.00
Beberapa tumbuhan ternyata punya keistimewaan tersendiri, contohnya saja bisa menjadi pengusir nyamuk karena bau dari tumbuhan tersebut. Tapi tidak semua tumbuhan bisa mengusir nyamuk, berikut ini saya akan memberikan beberapa tumbuhan yang bisa mengusir nyamuk.

1. Lavender


Kita pasti sudah tak asing lagi dengan bunga Lavender. Tanaman hias pengusir nyamuk ini memang telah banyak tampil di dalam iklan lotion anti nyamuk di TV. Maka dari itu tak heran kalau bunga Lavender selalu diidentikkan dengan bunga pengusir nyamuk.
Bunga lavender sendiri berasal dari daerah pegunungan Alpen di Swiss. Bunga ini mempunyai kandungan lynalyl acetate dan linalool yang baunya sangat tidak disukai oleh nyamuk. Gerombolan nyamuk yang menciumnya akan langsung pergi karena merasa pusing.
Bunga ini biasanya digunakan untuk lotion anti nyamuk dengan cara menyulingnya terlebih dulu. Tapi Anda juga bisa menggunakannya dengan cara menggosokkan bunganya langsung ke area kulit yang terbuka. Cara ini sangat cocok bila digunakan saat Anda akan bepergian.
Bila anda ingin mengusir nyamuk yang ada di rumah tanpa menggunakan lotion, Anda cukup menanamnya di dalam sebuah pot saja. Selain baunya yang wangi, warna bunganya yang indah juga bisa memperindah tampilan rumah Anda.

2. Geranium


Tanaman untuk mengusir nyamuk yang berikutnya yaitu Geranium. Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini juga dikenal dengan nama Tapak Dara. Tanaman ini bisa mengusir nyamuk karena tanaman ini mengandung zat geraniol dan sitronelol.
Kedua zat tersebut bisa dengan mudah terbawa angin sehingga membuat semerbak disekitarnya. Geranium juga adalah salah satu tanaman pengusir nyamuk indoor karena baunya bisa memenuhi ruangan dengan cepat. Tapi, tempatkan bunga ini di dekat dengan jendela atau di tempat yang mudah terkena angin, supaya baunya bisa menyebar dengan cepat.

3. Rosemary


Rosemary adalah bunga yang mempunyai bau seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Seperti yang kita ketahui, kedua minyak tersebut sering dioleskan pada bayi, karena baunya bisa mencegah gigitan nyamuk. Nah dengan bau yang sama tersebut, maka bunga Rosemary juga terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk.
Bunga Rosemary ini bisa ditanam langsung di tanah maupun di pot. Tapi pastikan supaya selalu menerima sinar matahari serta air yang cukup, agar pertumbuhannya dapat berjalan dengan baik. Selain bunganya, Anda juga bisa menggosokkan daunnya ke kulit supaya terhindar dari gigitan nyamuk saat pergi keluar rumah.

4. Citrosa Mosquito


Citrosa Mosquito berasal dari negara Belanda. Cara menanam tumbuhan ini juga cukup mudah, yaitu hanya dengan menyiram dan memberinya sinar matahari secara teratur. Sayangnya, tanaman ini masih jarang ada di Indonesia, karena harus diimpor dari negara asalnya.

Itulah beberapa tanaman yang dapat mengusir nyamuk. Sekian yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar