Cara Memilih Bunga yang Benar Sebelum Membelinya

15.39.00

Bunga selalu bisa membuat keadaan menjadi bahagia. Tidak heran jika bunga sering dipilih sebagai hadiah untuk seseorang, mulai dari hadiah ulang tahun sampai hadiah untuk ibu di Hari Ibu, atau sebagai hiasan sebuah ruangan. Suasana kebahagiaan ini pun akan semakin sempurna kalau kita tahu bagaimana cara memilih bunga dengan benar. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk memilih bunga dengan kualitas terbaik.

1. Kelopak Bunga Bersih dan Segar
Kelopak atau mahkota bunga merupakan kunci keindahan dari bunga itu sendiri. Makanya, perhatian orang terhadap bunga tentu pertama kali jatuh pada penampilan kelopak yang dimiliki bunga. Secara umum, bunga yang berkualitas baik memiliki kelopak yang bersih, tidak menghitam, dan tampak segar. Kelopak bunga yang berukuran besar dan sedang mekar juga dapat memperindah rangkaian. Setelah membeli bunga, usahakan untuk tidak sering menyentuh kelopak bunga tersebut. Karena sentuhan pada kelopak dapat membuatnya lebih cepat menghitam dan terlihat layu.

2. Tangkai yang Keras dan Basah
Walau keindahan kelopak bunga sering mencuri perhatian, tetapi kualitas bunga juga dapat dilihat dari tangkainya. Jangan selalau melihat dari hijau tidaknya tangkai bunga tersebut, pegang tangkainya secara langsung untuk meyakinkan bahwa tangkai bunga itu masih terasa keras dan basah. Bila tangkai bunga malah berair, lembek, dan memiliki bau menyengat, berarti bunga tersebut sudah dipetik lebih dari 24 jam. Kalau ingin memilih bunga untuk dirangkai, bunga yang bertangkai panjang, seperti mawar, lili, dan anggrek dapat menjadi pilihan yang tepat karena tangkai bunga yang panjang dapat memberi efek volume yang penuh pada rangkaian bunga. Selain itu, bunga bertangkai panjang, memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya adalah dapat bertahan lebih lama dan tidak cepat layu bila dimasukkan ke dalam wadah mengandung air.

3. Aroma Bunga
Usahakan untuk mencium bau bunga terlebih dahulu sebelum membelinya. Memang tidak seluruh bunga memiliki bau yang kuat, tapi paling tidak, hindari bunga yang telah berbau tidak sedap. Intinya, memilih bunga memerlukan sedikit waktu ekstra untuk mengamati detail dari bunga-bunga tersebut. Walau terlihat sederhana, namun memilih bunga dengan detail akan sangat membantu anda dalam mencari bunga dengan kualitas yang terbaik.

Itulah beberapa cara dalam memilih bunga, sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar