3 Filosofi Bunga Beserta Maknanya

14.13.00
Di dunia ini, terdapat ribuan jenis bunga yang tumbuh dengan karakter dan ciri fisik yang berbeda-beda. Uniknya, sejak ratusan tahun yang lalu, ternyata masyarakat sudah menghubungkan karakter bunga menjadi suatu makna yang spesifik. Artinya, sekuntum bunga dapat diambil filosofinya sebagai pelajaran hidup. Tahukah kamu bunga apa sajakah itu? Silahkan simak artikel berikut ini tentang 3 filosofi bunga beserta maknanya.

1. Bunga Anggrek


Bunga anggrek berbeda dengan bunga-bunga yang lainnya, karena bunga anggrek membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memunculkan mahkotanya. Bunga anggrek populer karena bunga ini cantik dan awet, walau proses pemekarannya lebih lama. Anggrek berisi filosofi bunga bahwa proses mengarah menuju keindahan bukanlah perkara yang mudah, perlu adanya perjuangan yang panjang dan proses yang tidak sebentar untuk meraih keindahan tersebut. Seperti halnya kehidupan, proses mengarah menuju kesuksesan bukanlah perkara yang mudah. Karena selalu dibutuhkan perjuangan dan kesabaran untuk memperolehnya.

2. Bunga Edelweiss


Bagi yang gemar mendaki gunung, bunga ini tentu tak asing lagi. Bunga edelweiss biasanya disebut dengan everlasting flower yang mempunyai arti simbol keabadian. Bunga ini tumbuh di lereng gunung dan di lokasi yang susah dijangkau. Sehingga memerlukan usaha, keberanian dan tekad untuk mendapatkannya. Edelweiss pun dikenal sebagai bunga yang tak mudah layu atau mati dalam waktu yang lama. Konon, seseorang yang memberikan bunga edelweiss untuk kekasihnya, cinta mereka bakal abadi selamanya. Edelweiss berisi filosofi bunga bahwa cinta sejati itu perlu pengorbanan, perjuangan, dan kesungguhan untuk mendapatkannya.

3. Bunga Sakura


Bunga cantik dari Jepang ini mempunyai kelopak yang berwarna-warni. Ada yang berwarna merah muda, putih, dan kombinasi warna lainnya. Di Jepang, ada istilah ‘7 hari bunga sakura’ karena bunga sakura termasuk tumbuhan yang cepat menggugurkan bunganya. Makna dari bunga sakura adalah janji yang ditepati, karena seakan-akan bunga sakura selalu datang lagi pada musimnya.
Menurut keterangan dari filosofi bunga Jepang, bunga sakura berisi kesetiaan janji yang selalu ditepati. Sehingga siapapun orang yang berjanji, hendaknya menepati apa yang dikatakannya, seperti halnya filosofi bunga sakura ini.

Itulah beberapa filosofi bunga beserta maknanya. Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar